Jumat, 19 September 2014

Penerapan Teknologi Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan, BBP2HP di Makasar, 16-18 April 2014

Leave a Comment

Pengujian Penerapan Hasil Perikanan (BBP2HP) Jakarta menggelar kegiatan Penerapan Teknologi Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan bagi pelaku usaha di bidang perikanan dan petugas pendamping/penyuluh perikanan guna mendorong keterampilan dan pengetahuan di bidang diversifikasi perikanan serta meningkatkan kesejahteraan para pelaku usaha di bidang pengolahan perikanan. Kegiatan ini merupakan implementasi dari Fokus Group Discussion Penerapan Teknologi Pengolahan Bandeng Mendukung Industrialisasi yang telah dilaksanakan sebelumnya di Provinsi Sulawesi Selatan.

"Melalui kegiatan ini diharapkan para pelaku usaha dan petugas penyuluh dapat lebih terampil dalam mengolah produk perikanan serta meningkatkan kesejahteraan para pelaku usaha di bidang pengolahan perikanan," kata Kepala Bidang Uji Terap Teknik Pengolahan dan Pemasaran yang mewakili Kepala BBP2HP, Bapak Harun, AS., S.St.Pi., M.P.

Menurut Harun, AS., S.St.Pi., M.P dalam pembangunan perikanan, bidang pengolahan perikanan memiiki sisi penting, karena merupakan hilir dari seluruh proses tata niaga produk perikanan. Oleh karena itulah, diperlukan pembinaan dan bimbingan terhadap stakeholder yang terkait dengan pengolahan perikanan khusunya pelaku usaha dan petugas penyuluh.

Umumnya produk olahan yang dihasilkan masih belum memenuhi persyaratan kualitas dan keamanan pangan serta belum sesuai dengan tuntutan pasar yang terus berkembang.

"Diharapkan melalui kegiatan ini dapat meningkatkan pengolahan hasil bagi pelaku usaha sehingga meningkatkan perekonomian mereka," ujar Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sulawesi Selatan Ir. Iskandar dalam sambutannya.

Peserta kegiatan ini berjumlah 30 orang yang terdiri dari terdiri dari pelaku usaha dan petugas pendamping kelompok yang berasal dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Selatan, Kota Makasar, Kabupaten Maros, Kabupaten Pangkep, Kabupaten Pinrang, Kabupaten Bone. Narasumber kegiatan ini berasal dari BBP2HP Jakarta serta praktisi Bapak Prof. Dr. Ir. Abu Bakar Tawali.

Materi yang disampaikan dalam kegiatan ini, yaitu Teori strategi dan Manajemen Pemasaran Produk Hasil Perikanan, Teori dan praktek teknologi pengolahan stick tulang bandeng, Teori dan praktek teknologi pengolahan roti manis bandeng, Teori dan praktek teknologi pengolahan abon tulang bandeng, Teori dan praktek teknologi pengolahan sosis bandeng, Teori dan praktek teknologi pengolahan keripik kulit bandeng serta Teori dan praktek pengemasan.

Sumber: Bidang Uji Terap Teknik Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan

Balai Besar Pengujian Penerapan Hasil Perikanan

Direktorat Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan

Kementrian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia

Jl. Raya Setu No.70 Cipayung – Jakarta Timur 13880




Sumber: www.teraskreasi.com

0 komentar:

Posting Komentar